Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

24 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat


Macam Cara | Kesehatan - Hidung tersumbat memang terasa sangat menyiksa, ya. Namun, tak perlu terlalu khawatir, sebab meredakan hidung tersumbat tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Keluhan ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa perawatan mandiri di rumah. Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung bengkak akibat infeksi atau peradangan. Hal ini dapat membuat proses pernapasan terganggu disertai dengan keluarnya cairan yang berlebihan, bahkan bisa menyebabkan batuk dan sakit tenggorokan.

Penyebab hidung tersumbat beragam, mulai dari infeksi virus, terpapar alergen, hingga masuknya benda asing ke hidung. Selain itu, hidung tersumbat juga bisa menjadi keluhan di masa kehamilan, efek samping konsumsi obat tertentu, serta gejala dari suatu penyakit, seperti sinusitis, polip hidung, dan deviasi septum.

Di musim hujan, hidung tersumbat merupakan salah satu keluhan yang umum. Mengalami hidung tersumbat bisa jadi sangat tidak mengenakan. Pasalnya, selain dapat menyebabkan kesulitan bernapas, hidung mampet terkadang bisa sampai menimbulkan sakit kepala mengganggu. Belum lagi, suara bisa jadi terdengar lucu saat berbicara sehingga menjadi cukup memalukan.

Sementara, ketika ingin membuang ingus dengan harapan bisa bernapas lagi, ternyata tidak ada yang keluar. Tak heran, dalam laman pencarian, kalimat "apa yg harus dilakukan saat hidung tersumbat?" menjadi salah satu yang paling tinggi dicari. Banyak orang mengira hidung tersumbat adalah akibat terlalu banyaknya lendir di saluran hidung. 

Namun, hidung yang tersumbat sebenarnya bisa juga disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di sinus. Pembuluh darah yang teriritasi ini biasanya dipicu oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus. Terlepas dari penyebab hidung tersumbat, ada sejumlah cara mudah untuk meredakannya.

Masih meremehkan kondisi hidung tersumbat atau hidung mampet? Kenyataannya, kondisi hidung mampet ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan yang mengganggu aktivitasmu. Perasaan yang tidak nyaman inilah yang akhirnya akan membuat kamu mencari sejuta cara untuk mengatasi hidung tersumbat secara cepat dan tepat.

Cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat tentu saja menghindari pemicu dan penyebab kondisi ini. Penyebabnya ternyata bisa berasal dari sekeliling lingkungan. Mulai dari debu sampai asap, berbagai pemicu tersebutlah yang akhirnya menyebabkan kondisi tubuh menjadi kurang fit dan menimbulkan gejala hidung tersumbat.

Saat kamu mengalami hidung tersumbat, jangan terburu-buru panik. Kamu bisa melakukan sejumlah cara untuk meredakan gejala tersebut agar pernapasan kembali plong. Namun ingat, ketika gejala sudah membaik, berusahalah untuk memperkuat imunitas dan menjauhkan diri dari penyebab hidung mampet agar gejala yang mengganggu ini tidak kembali datang.

Mengatasi hidung tersumbat pun tidak harus menunggu dengan pasrah sampai penyebab hidung mampet hilang dan pernapasan kembali lega. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat tanpa harus dengan berobat ke dokter. Kamu bisa melakukan beberapa cara meredakan keluhan hidung tersumbat hanya dari rumah dan menggunakan perlengkapan yang sederhana seperti di bawah ini :

1. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Lendir di rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat menjadi lebih mudah menebal apabila kamu merasa kedinginan atau saat suhu tubuh menurun. Karena itu, jika kamu sudah merasakan hidung mampet, cobalah meredakannya dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Kamu bisa mematikan air conditioner maupun kipas angin untuk menghangatkan tubuh. Bisa juga ditambah dengan menggunakan pakaian hangat dan selimut ketika tidur. Mengonsumsi minuman hangat seperti jahe, teh, hingga air putih pun bisa menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh guna mengurangi gejala hidung mampet.


2. Menghirup Uap Hangat

Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat bahkan dengan segelas air panas. Cukup masak air panas sampai mendidih dan taruhlah pada wadah yang aman. Taruhlah wajahmu di hadapan wadah air panas tersebut, lalu secara perlahan hiruplah uang hangatnya. Uap tersebut akan membantu mencairkan lendir di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung mampet. Untuk hasil lebih efektif, kamu bisa menambahkan bawang putih yang sudah memarkan ke wadah air panas tersebut. Uap hangat yang sudah bercampur dengan zat bawang putih terkenal efektif membunuh bakteri maupun jamur yang bisa jadi ikut memperparah kondisi hidung tersumbat yang kamu alami.


3. Menggunakan Pelembap Udara

Tidak ada salahnya membeli dan menggunakan alat pelembap udara, atau biasa disebut dengan humidifier, jika kamu sering mengalami keluhan hidung tersumbat. Alat pelembap udara yang dipasang di kamar atau ruanganmu dapat menjadikan udara di sekitar menjadi lebih lembap. Keuntungannya, udara yang lembap akan mampu menenangkan iritasi yang menjadi sumber peradangan di hidung. Ketika iritasi mereda, gejala hidung mampet pun dijamin berkurang.


4. Minum Air Putih Lebih Banyak

Ketika hidung mampet menyerang, cobalah mengonsumsi lebih banyak cairan. Masuknya cairan ke dalam tubuhmu akan membuat kekentalan lendir di hidung berkurang. Dengan demikian, lendir tersebut tidak akan terlalu menutupi rongga hidung dan kamu pun bisa bernapas lebih lega. Namun tentunya, tidak sembarangan cairan yang bisa membuat kamu mengatasi hidung tersumbat. Air putih dengan suhu yang hangat sangat dianjurkan. Yang tidak disarankan adalah mengonsumsi air dingin karena justru akan membuat lendir di hidung semakin sulit mencair.


5. Keluarkan Lendir di Hidung

Apa yang biasa kamu lakukan ketika merasa hidung mampet dan sulit untuk bernapas? Hal ini menandakan adanya cairan lendir (mucus), atau yang sering disebut dengan ingus, yang menyumbat saluran pernapasanmu.

Jika selama ini kamu cenderung menghirup kembali ingus yang ada di hidung, hentikan kebiasaan tersebut. Menghirup ingus kembali justru membuat lendir menumpuk di rongga hidung dan semakin membuat gejala hidung tersumbat bertambah parah. Sebaiknya jika memang merasa ada ingus yang hendak keluar, keluarkanlah ingus tersebut.

Namun usahakan jangan membuang ingus terlalu kencang, karena malah akan mengirim kembali dahak pembawa kuman ke saluran telinga. Cara membuang ingus yang tepat adalah menutup salah satu lubang hidung, kemudian buang ingus di bagian lubang hidung yang tidak tersumbat.


6. Menggunakan Dekongestan

Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan obat bebas yang bisa dibeli di mana saja. Belilah obat oral atau obat nasal berjenis dekongestan. Obat jenis ini memiliki sifat zat yang mampu mengurangi peradangan di rongga hidung, dan peradangan inilah yang membuat hidung tersumbat. Jika ingin hasil yang lebih cepat, gunakan dekongestan yang berjenis nasal. Penggunaan obat ini adalah dengan cara disemprotkan ke hidung.


7. Mengonsumsi Obat Antihistamin

Penyebab hidung tersumbat ada beraneka rupa, salah satunya adalah gejala alergi. Untuk kamu yang merasa hidung mampet karena alergi, cobalah mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini mampu meredakan gejala alergi. Dalam artian, ketika mengonsumsi obat antihistamin, keluhan hidung tersumbat yang merupakan gejala alergi pun bisa dikurangi. Hanya saja, obat antihistamin menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk yang kuat. Pastikan kamu tidak mengonsumsinya ketika mau beraktivitas yang butuh konsentrasi, seperti menyetir ataupun bekerja.


8. Mengoleskan Minyak Eucalyptus

Cara lain mengatasi hidung tersumbat adalah mengoleskan minyak eucalyptus di kisaran hidungmu. Jenis minyak ini merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan sebagai obat berbagai kondisi kesehatan. Untuk masalah hidung tersumbat, minyak eucalyptus pun mampu menjadi pereda yang mujarab. 

Cara menggunakan minyak ini bisa dengan cara dihirup ataupun dioleskan di area sekitar lubang hidung. Uap dari minyak eucalyptus mampu membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis sehingga kamu dapat bernapas lebih lega. 

Beberapa pendapat bahkan mengatakan minyak eucalyptus dapat diminum untuk meredakan gejala masalah kesehatan, namun metode ini tidak disarankan karena dikhawatirkan efek sampingnya.


9. Mengonsumsi Teh Herbal

Ini dia cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami lainnya! Kamu bahkan akan merasa cara ini sebagai langkah pengobatan. Soalnya, kamu cukup mengonsumsi teh herbal untuk mengurangi gejala hidung mampet. 

Teh herbal, khususnya teh peppermint yang memiliki kandungan mentol, bisa menjadi dekongestan alami. Menyeruput teh ini hangat-hangat akan mampu membuat proses bernapas menjadi lebih lega karena peradangan di hidung berkurang. 

Kamu bisa meminum secangkir teh herbal sambil diiringi dengan musik ataupun ditemani biskuit. Selain bisa mengatasi hidung tersumbat, cara ini juga bisa mengurangi tingkat stres sehingga imunitas tubuh pun menguat.

Penyebab hidung tersumbat salah satunya adalah paparan virus yang bisa menyebabkan influenza. Mandi air hangat dengan sabun cair Lifebuoy yang bersifat antibakteri terbukti efektif membunuh kuman dan virus yang ada di tubuhmu. Jadi, kemungkinan mengalami hidung tersumbat yang melelahkan pun bisa dikurangi.


10. Gunakan humidifier 

Humidifier merupakan cara yang cepat dan mudah untuk mengurangi nyeri sinus dan meredakan hidung tersumbat. Melansir Health Line, alat humidifier akan mengubah air menjadi kelembapan yang perlahan mengisi udara, meningkatkan kelembapan di dalam ruangan. Menghirup udara lembab ini dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembengkakan pembuluh darah di hidung dan sinus.

Humidifier juga dapat mengencerkan lendir di sinus. Ini dapat membantu mengosongkan cairan di hidung dan mengembalikan kondisi pernapasan ke keadaan normal. Letakkan humidifier di kamar untuk meredakan peradangan yang menyebabkan hidung tersumbat.


11. Mandi air hangat 

Pernahkah Anda mengalami hidung tersumbat dan ternyata Anda bisa bernapas jauh lebih baik setelah mandi air hangat? Ada alasan bagus untuk itu. Uap dari pancuran dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Dengan demikain, mandi air hangat dapat membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara.

Saran untuk mandi dengan air hangat akan banyak kamu terima ketika kamu mengalami hidung tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat ini akan sangat ampuh untuk kamu yang mengalami hidung mampet karena gejala batuk dan pilek.

Uap dari mandi air hangat mampu membuat lendir di rongga hidung menjadi lebih cair dan mudah untuk dikeluarkan. Ketika lendir sudah menipis atau bahkan hilang, kamu pun bisa bernapas dengan normal lagi. Jangan lupa untuk menggunakan sabun antibakteri, seperti sabun cair Lifebuoy untuk memastikan kuman dan bakteri yang rentan menimbulkan peradangan di saluran pernapasanmu terbasmi dengan maksimal.

Anda bisa mendapatkan efek yang sama dengan menghirup uap dari air panas di wastafel yang tersedia pilihan air panas. Begini caranya: Nyalakan air panas di wastafel kamar mandi Setelah suhunya tepat, letakkan handuk di atas kepala Anda dan taruh kepala di atas wastafel Biarkan uap terbentuk, dan tarik napas dalam-dalam Berhati-hatilah agar wajah Anda tidak terbakar karena air panas atau uap


12. Tetap terhidrasi 

Jaga agar cairan tetap mengalir saat hidung Anda tersumbat. Hampir semua cairan dapat membantu Anda tetap terhidrasi saat Anda sakit, termasuk air putih, minuman isotonik, dan bahkan jus. Asupan cairan dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus. 

Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi. Jika hidung tersumbat Anda disertai dengan sakit tenggorokan, teh dan sup hangat juga akan membantu meredakan ketidaknyamanan di tenggorokan Anda.


13. Gunakan semprotan cairan saline 

Hidrasi selangkah lebih maju dengan larutan saline, larutan air garam yang bisa didapatkan di apotek. Cairan saline ada yang mengandung natrium klorida 0,9 persen dan natrium klorida 0,45 persen yang larut dalam air. 

Menggunakan semprotan saline hidung dapat meningkatkan kelembapan di lubang hidung Anda. Semprotan dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda. Ini mengurangi peradangan pembuluh darah Anda dan membantu mengosongkan cairan dari hidung Anda. Banyak semprotan saline tersedia tanpa resep.

Beberapa semprotan saline juga termasuk obat dekongestan. Namun, akan lebih baik memang, bicaralah dulu dengan dokter sebelum Anda mulai menggunakan semprotan saline dengan dekongestan. Obat ini sebenarnya dapat memperburuk hidung tersumbat jika digunakan selama lebih dari tiga hari. Obat ini juga dapat menyebabkan efek samping bila digunakan bersama dengan obat lain.


14. Keringkan sinus 

Anda bisa membersihkan lubang hidung yang tersumbat dengan neti pot. Neti pot adalah wadah yang dirancang untuk mengeluarkan lendir dan cairan dari saluran hidung. Penggunaan neti pot direkomendasikan untuk memakai air suling atau steril sebagai pengganti air keran. 

Berikut cara menggunakan neti pot: Berdirilah dengan kepala di atas wastafel Tempatkan cerat neti pot di salah satu lubang hidung Miringkan neti pot sampai air masuk ke saluran hidung Setelah air mengalir ke lubang hidung, air akan keluar melalui lubang hidung yang lain dan mengalir ke bak cuci Lakukan ini selama sekitar satu menit, lalu ganti sisi


15. Gunakan kompres hangat 

Kompres hangat dapat membantu melepaskan hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan kompres hangat, yakni: Pertama-tama rendam handuk dalam air hangat Peras air dari handuk, lalu lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi Kehangatan dapat memberikan rasa nyaman dari rasa sakit dan membantu meredakan peradangan pada lubang hidung Ulangi ini sesering yang diperlukan


16. Cobalah dekongestan

Obat dekongestan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri yang berhubungan dengan iritasi saluran hidung. Banyak dekongestan tersedia tanpa resep dokter. Obat ini datang dalam dua bentuk, yakni semprotan hidung dan pil. 

Semprotan hidung dekongestan yang umum termasuk oxymetazoline (Afrin) dan phenylephrine (Sinex). Sementara, pil dekongestan yang umum termasuk pseudoefedrin (Sudafed, Sudogest). Banyak dari obat-obatan ini tersedia di apotek dan harus atas saran apoteker. 

Seperti pada penggunaan obat lainnya, pemakaian dekongestan harus dilakukan dengan benar dan aman. Secara umum, Anda tidak boleh mengonsumsi dekongestan selama lebih dari tiga hari tanpa pengawasan dokter. Setelah tiga hari, dekongestan bisa membuat hidung tersumbat dan rasa sesak menjadi semakin parah.


17. Minum antihistamin atau obat alergi 

Anda mungkin ingin minum antihistamin atau obat alergi jika hidung tersumbat Anda disebabkan oleh reaksi alergi. Kedua jenis obat tersebut dapat mengurangi pembengkakan di saluran hidung, membantu melegakan hidung tersumbat. 

Obat kombinasi yang mengandung antihistamin dan dekongestan dapat meredakan tekanan sinus dan pembengkakan akibat reaksi alergi. Perlu diperhatikan, ikuti instruksi untuk obat ini dengan hati-hati. Jika tidak, Anda dapat memperburuk kondisi Anda. 

Perlu juga diperhatikan bahwa antihistamin dapat membuat Anda mengantuk. Jika Anda tidak yakin bagaimana antihistamin akan memengaruhi Anda, jangan minum obat saat Anda perlu aktif atau produktif.


18. Coba minyak kayu putih 

Melansir Medical News Today, minyak kayu putih dibuat dari daun pohon eukaliptus. Minyak ini telah digunakan selama ratusan tahun untuk khasiat penyembuhannya. Menghirup minyak kayu putih dapat mengurangi peradangan pada lapisan hidung dan mempermudah pernapasan. 

Cukup tempatkan beberapa tetes minyak ke dalam panci berisi air mendidih dan hirup uapnya. Mengalami hidung mampet memang bisa menjengkelkan, tetapi beberapa pengobatan rumahan dapat membersihkan rongga hidung dan meredakannya. Beberapa obat yang dijual bebas juga dapat membantu, tetapi Anda harus menggunakannya dengan hati-hati. 

Pastikan untuk berbicara dengan apoteker saat memilih obat dekongestan, antihistamin, atau obat alergi. Apoteker juga dapat menjawab pertanyaan yang mungkin Anda miliki tentang obat tertentu. Sementara itu, akan lebih baik untuk jangan menunda datang ke dokter jika hidung tersumbat Anda tidak kunjung membaik setelah mencoba berbagai cara di atas, minum obat selama lebih dari tiga hari, atau jika Anda juga mengalami demam.


19. Hirup uap hangat

Menghirup uap hangat bisa mengatasi hidung tersumbat dan melegakan pernapasan. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu siapkan wadah berisi air hangat, kemudian dekatkan wajahmu ke wadah dan hirup uapnya. Namun, kamu harus berhati-hati saat melakukan cara ini.

Jangan sampai uap air yang terlalu panas justru membuat luka bakar di wajah, ya. Cara lainnya, kamu bisa mandi air hangat atau membasuh wajah dengan waslap yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.


20. Posisikan kepala lebih tinggi saat berbaring

Sulit bernapas akibat hidung yang tersumbat bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Nah, supaya kamu bisa terlelap dan proses bernapas menjadi lebih baik, posisikan kepalamu lebih tinggi ketika tidur. Gunakan bantal tambahan untuk menopang kepala dan bahu.


21. Perbanyak minum air putih

Hidung mampet bisa diredakan dengan minum air putih, lho. Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengencerkan lendir di hidung, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dengan mencukupi asupan cairan, kamu juga bisa terhindar dari beragam masalah kesehatan lainnya, seperti dehidrasi.


22. Gunakan humidifier

Supaya hidung tidak semakin tersumbat, kamu bisa memanfaatkan humidifier, terutama bila di dalam ruanganmu menggunakan penyejuk udara atau AC. Alat ini dapat membantu menjaga kelembapan udara dan mengurangi penyebaran debu di udara, sehingga saluran napas lebih terbuka dan napas menjadi lega.


23. Cuci hidung dengan air garam

Selain menghilangkan debu dan partikel berbahaya di rongga hidung, cuci hidung dengan air garam juga bisa menghilangkan lendir di hidung.

Caranya, larutkan 1 sendok teh garam dan sejumput soda kue pada 2 gelas (500 ml) air hangat. Tuang air larutan garam pada wadah atau botol khusus yang bisa dibeli di toko obat atau apotek.

Miringkan kepalamu dan arahkan corong botol ke salah satu sisi hidung. Kemudian, semprotkan dengan kuat hingga cairan keluar lewat lubang hidung sisi lainnya. Untuk hasil yang maksimal, cuci hidung dengan air garam bisa dilakukan 3–4 kali dalam sehari.


24. Konsumsi obat-obatan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan hidung tersumbat adalah dengan mengonsumsi obat-obatan, seperti dekongestan dalam bentuk semprotan hidung atau pil dan antihistamin.

Pastikan kamu minum obat sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan atau berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang aman jika kamu sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Pada beberapa kondisi, perawatan di atas mungkin tidak cukup untuk mengatasi keluhan ini, terlebih bila hidung mampet merupakan gejala dari gangguan kesehatan lain. Dalam hal ini, diperlukan pengobatan lebih lanjut untuk mengatasi penyebab yang mendasarinya.

Apabila setelah melakukan perawatan di atas hidung tersumbat tak kunjung mereda, apalagi jika disertai demam, bengkak pada wajah, penglihatan kabur, serta lendir pada hidung berbau tak sedap dan berwarna hujau atau kuning, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. (*)

Posting Komentar untuk "24 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat"